Dilas babet kemudian diratakan kembali |
Kenapa bisa seperti itu? Padahal sudah ada 3 lapis paking pelat yang senantiasa menahanan tekanan gas bakar. Apalagi paking bukan cuma diapit tapi juga diikat mur-baut head supaya lebih kuat menahan kompresi.
“Sebetulnya yang menyebabkan paking rawan bocor karena di head Satria F-150 ada celah kecil yang posisinya sebelah kiri. Tepatnya dekat lubang rantai keteng. Begitu dibongkar untuk mengurangi paking, kebocoran pun tak dapat dihindari. Kecuali memang benar-benar tepat saat memasangnya atau tetap menggunakan paking standar,” jelas Hari Novrian, mekanik Hari Motor.
Bocornya terasa di ruang rantai keteng |
“Gejala seperti ini sering terjadi bila head habis dipapas atau mengurangi ketebalan pakingnya. Begitu tidak maksimal saat proses pemasangannya, di bagian celah tadi sangat mungkin terjadi kebocoran,” ingat mekanik di Jl. H. Naman, Blok R6, Pondok Kelapa, Jakarta Timur.
Agar tidak timbul gejala seperti itu, disarankan celah lubang diantara kubah head dan ruang rantai keteng ditambal pakai las babet. Pekerjaan itu bisa dilakukan di bengkel bubut yang juga menyediakan las babet. Setelah dilas, bekas tambalan mesti diratakan kembali.
source : motor plus
Tidak ada komentar:
Posting Komentar